Cara Menikmati Hidup; Work Hard, Play Hard

17 Nov 2015

Saya adalah seorang karyawan di perusahaan Metallurgy terbesar di Indonesia, selain itu pekerjaan diluar jam kantor atau di weekend juga cukup banyak. saya mengelola startup saya ngobrolbasket , www.ngobroltravel.com dan www.ngobrolmotorcross.com, disini saya jadi penulis, konseptor dan kadang harus keluar kota untuk melakukan liputan pertandingan. selain itu saya juga masih suka diundang untuk seminar untuk menjadi speaker dan trainer marketing di perusahaan, kadang di Jakarta dan bisa juga diluar kota. selain itu saya juga kadang diundang untuk menjadi buzzer dan blogger dalam acara-acara atau event-event brand.

Mengisi Seminar di Jogja untuk brand BOSCH

Selain pekerjaan yang bejibun saya juga masih melakukan beberapa hobby yang saya sukai, saya rutin setiap sabtu atau minggu bermain motor trail entah main di track atau trabas ke gunung. lalu hari senin malam saya bermain basket, dan selasa malam saya bermain futsal dengan teman-teman kantor. kebayang kan capeknya. 

Bermain basket disetiap hari senin bermasa komunitas monday Stweetball

Tapi saya menjalani dengan enjoy semua kegiatan saya, sehingga saya bisa menjalani semua kegiatan, meskipun kadang-kadang suka merasa kelelahan tetapi itu biasanya karena fisik yang terlalu banyak akan aktifitas pasti akan terasa pegal.

Memfoto adalah salah satu hobby saya

Sedikit cerita tentang saya diatas, tapi menilik dari judul artikel ini saya hanya ingin berbagi dan memberikan opini. Bahwa Sekeras apapun pekerjaan kita kita juga harus menyeimbangkan dengan aktifitas lain yang dapat melupakan sejenak kesibukan kita.

Banyak teman-teman yang bertanya kepada saya, bagaimana bisa mengatur waktu dengan aktifitas yang bejibun itu. sebenarnya ada 3 hal yang wajib dilakuka agar kita dapat WORK HARD PLAY HARD, kita harus belajar bagaimana me-management waktu dengan baik, disiplin dan konsisten.

Managemen Waktu

Dengan banyaknya aktifitas yang kita miliki jelas kita harus dapat me-manage waktu kita, karena watu dalam sehari tidak akan bertambah atau berkurang, tetapi schedule kita yang harus kita atus agar cukup dalam 24 jam dan tidak mengganggu dalam kegiatan yang lain. misal, saya bekerja di kantor 8 jam dari pukul 08.00 - 17.00 wib disana saya disiplin untuk mempergunakan waktu saya mengerjakan pekerjaan kantor. dan tidak boleh dicampuri oleh kegiatan atau pekerjaan lain yang mengganggu aktifitas kerja utama ini. lalu setelah pulang kantor saya biasakan untuk mengerjakan pekerjaan seperti menulis di startup yang saya kelola yaitu ngobrolbasket, ngobroltravel dan ngobrolmotorcross. di weekend saya biasanya habiskan waktu dengan keluarga dan bermain motor cross. 

Hobby yang butuh mental, tenaga dan keberanian yang cukup lumayan banyak

Bagaimana dapat memanagement waktu dengan tepat, saya berpedoman dengan Diagram Stephen Covey dengan 4 area yaitu penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak, dan tidak penting tidak mendesak. Nah biasanya saya membuat sesuatu yang tidak penting tidak mendesak, dan 3 hal lainnya akan dibuat skala prioritasnya. jelas yang penting dan mendesak akan didahulukan.

Disiplin

Hal ini juga cukup penting, karena disiplin lebih bersifat habits dan attitude jadi hal ini harus datang dari niat diri sendiri. banyak orang yang tidak disiplin sehingga time schedule yang sudah dibuat berantakan, dan akhirnya waktu untuk bermain, menjalankan hobbynya dibuat untuk  mengerjakan pekerjaan yang belum selesai. banyak orang tidak disiplin karena malas atau meremehkan schedule yang dibuat sendiri. tetapi sebenarnya menunda pekerjaan sama seperti bom waktu yang akan meledak dan dapat melukai kita sendiri. contoh disiplin dalam memanagaement waktu, saya selalu jadwalkan bermain basket di hari senin, futsal dihari selasa dan main motor cross di hari sabtu or minggu.

Konsisten

Setelah bisa membuat time schedule dengan ilmu management waktu dan sudah dapat disiplin untuk menjalankan katifitas sesuai schedule, hal ke-3 adalah konsisten, banyak orang yang mengubah-ubah jadwal yang atau kegiatan yang sudah dipilih, boleh kita mengubah atau mencari pengalaman baru, tetapi hal itu harus di review di dalam diagram Stephen Covey  apakah ini penting mendesak atau tidak pentin tidak mendesak. karena kalo kita ingin sukses baik dalam pekerjaan atau hobby kita butuh 10.000 jam agar kita bisa menjadi mahir, apabila kita tidak konsisten saya yakin kamu hanya akan buang-buang waktu dan kamu tidak menjadi apa-apa.

Nah apakah kalian siap untuk fokus dalam bekerja dan sukses dalam karier dan kalian juga sudah siap bergabung dengan saya untuk bermain motor cross setiap minggu, main basket setiap senin atau main futsal setiap hari selasa.


TAGS Work Hard Play Hard


-

Author

Co-Founder: http://ngobrolbasket.com | http://ngobroltravel.com | http://ngobrolmotorcross.com CP: agungpuma36@gmail.com

Search

Recent Post